Rabu, 04 April 2012

AIYEP/PPIA

AIYEP atau Australia-Indonesia Youth Exchange Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA) pertama kali diadakan tahun 1981. 

Sejarah Program:
Program ini merupakan gagasan dari Department of Foreign Affair and Trade (DFAT) Australia yang menunjuk Australia-Indonesia Institute (AII) untuk bekerjasama dengan Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora) Republik Indonesia dalam menyelenggarakan program pertukaran pemuda diantara kedua negara. 
Tentang Program: 
Program ini terdiri dari 4 fase, fase Australia selama 2 bulan dan di Indonesia selama 2 bulan. Di masing-masing negara dilaksanakan fase kota dan fase desa. Setiap tahunnya, lokasi AIYEP selalu berubah, berpindah dari satu negara bagian ke negara bagian lain, juga ketika di Indonesia lokasi setiap tahunnya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Selama 2 bulan pertama, hanya peserta Indonesia saja yang akan menjalani program di Australia, dan 2 bulan terakhir peserta Australia akan bersama dengan peserta Indonesia menjalani program di Indonesia.
Jumlah peserta Indonesia adalah 18 orang dari 18 provinsi yang berbeda, terdiri dari 9 peserta Wanita dan 9 peserta pria, begitu pula dengan peserta Australia. total peserta adalah 36 orang.
Sejak tahun 2002, selama fase Australia, AIYEP dikoordinir oleh The Communication Network (TCN), sebuah konsultan yang bergerak di bidang projek bilateral dengan Indonesia.
Di Indonesia, AIYEP dikoordinir oleh Kemenpora yang menunjuk seorang Liaison officer yang pertama kali pada tahun 2010 yang menjadi perpanjangan tangan menpora dalam koordinasi selama program fase Indonesia berjalan. koordinasi program akan berada di lingkungan pemerintah nasional (Kemenpora) dan juga pemerintah lokal (Dispora provinsi, kota dan kabupaten).
Kegiatan peserta diantaranya adalah : Homestays di masing-masing fase, Workplacement, Culture performance, dan juga Community development projects.
AIYEP dilaksanakan sekitar bulan Oktober-Januari
informasi lainnya mengenai program bisa dibaca2 di  http://alimurtadhonuri.blogspot.com dan bisa add alumni dari Babel Michelle Anggia dan Raden Ahmad Gazali.
AIYEP 2008

 AIYEP 2011/2012

AIYEP 2012/2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar