Rabu, 04 April 2012

IMYEP/PPIM

Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) atau juga sering disebut sebagai Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) merupakan salah satu implementasi dari Memorandum of Understanding antara pemerintah Indonesia c.q. Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia di Kuala Lumpur dan Kementrian Belia dan Sukan Malaysia tahun 1979, dimana telah disepakati adanya program Pertukaran Pemuda Indonesia dan Malaysia.
.


Kesepakatan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk saling belajar pengalaman dari kedua negara pada khususnya dan dunia internasional pada umumnya. Pemuda Indonesia yang terpilih adalah yang terbaik dari setiap propinsi di Indonesia. Bentuk program ini adalah kegiatan bersama pemuda Indonesia di Malaysia pada tahun ganjil dan pemuda Malaysia di Indonesia pada tahun genap secara bergantian setiap tahun, namun sejak tahun 2012 program dilaksanakan di kedua negara secara bergantian, dimulai dari Pemuda Indonesia yang berkunjung dan bertemu dengan belia Malaysia di Malaysia kemudian kembali ke Indonesia bersama-sama dan berpisah di Indonesia.
Program dilaksanakan sekitar bulan Juli hingga Agustus atau September (tergantung kesepakatan antar kedua negara mengingat waktunya berdekatan dengan hari raya idul fitri).
kegiatan yang dilaksanakan adalah : youth gathering, courtesy call, institutional visit, city tour, homestay, cultural understanding, etc.
Walaupun waktu pelaksanaan begitu singkat dari program lainnya (sekitar 8-12 hari), program ini tak kalah mengesankan, seperti yang dipaparkan oleh beberapa alumni program IMYEP dari Propinsi Kepulauan Bangka Belitung seperti yang diungkapkan oleh ujar Yuyun Wahyuningtyas yang baru saja menyelasaikan tugasnya pd tahun 2012 "it's short in time, but I'm proud to be Indonesian Young Ambasador" 
Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat mengunjungi link program IMYEP Inonesia di http://imyepindonesia.blogspot.com/.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar