Sabtu, 01 Maret 2014

SSEAYP : Persahabatan antar 11 Negara

Program Kapal Pemuda Asia Tenggara atau yang lebih dikenal sebagai Ship for South-East Asia Youth Program (SSEAYP) merupakan program pertukaran pemuda antar negara-negara ASEAN dan Jepang yang dilaksanakan berdasarkan Joint Statements atau Keputusan Bersama yang dikeluarkan pada tahun 1974 antara pemerintah Jepang, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Seiring berkembangnya keanggotaan ASEAN, maka di tahun 1997 Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Laos telah bergabung di program ini. Program ini dikelola oleh negara-negara peserta program dan Jepang sebagai sponsor utama.

Di Indonesia, program ini dilaksanakan di bawah koordinasi Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga. Secara umum, program ini bertujuan untuk memperkuat jejaring (network), dan pemahaman antarbudaya (mutual understanding) di antara pemuda Asia Tenggara dan Jepang. Di samping itu, SSEAYP sendiri juga dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi para pemuda serta memajukan kerjasama internasional melalui pelaksanaan berbagai kegiatan selama program serta meningkatkan kontribusi sosial di negara masing-masing setelah program. 

Peserta SSEAYP adalah Participating Youth (PYs) yang merupakan para pemuda berjumlah sekitar 340 peserta dari negara - negara ASEAN dan Jepang. Para pemuda pilihan ini melakukan pelayaran selama kurang lebih 52 dengan menggunakan kapal Fuji Maru atau Nipon Maru, mengunjungi Jepang dan beberapa negara di Asia Tenggara . Kegiatan SSEAYP secara umum dikelompokkan menjadi 2 komponen utama, yaitu: On board activities dan Country Program.


ONBOARD ACTIVITES

Di dalam Onborad Activities, berbgai kegiatan dijalankan oleh para PYs, diantaranya:

Discussion Group: PYs akan dibagi dalam beberapa kelompok sesuai tema diskusi yang paling diminiati. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mampu menambah pengetahuan dengan saling berbagi informasi bersama peserta dari negara-negara lain.

Solidarity Group Activities: PYs akan dikelompokkan dalam sebuah tim (disebut Solidarity Group, atau lebih dikenal sebagai SG) yang beranggotakan peserta program dari negara-negara yang berbeda. Mereka akan berbaur serta berinteraksi sambil melaksanakan serangkaian kegiatan selama kapal berlayar. Melalui kegiatan kelompok semacam ini peserta diharapkan dapat memperoleh wawasan serta pemahaman antarbudaya yang lebih kuat.

Club Activities: Dalam kegiatan ini, perwakilan dari masing-masing negara peserta diberikan kesempatan untuk dapat saling berbagi pengetahuan kebudayaan (cultural knowledge) mereka dengan mengajarkan dan mempertunjukkan kepada peserta dari negara-negara lain. Melalui kegiatan ini pandangan peserta diharapkan dapat menjadi lebih luas dengan mengetahui berbagai bentuk aktualisasi kebudayaan bangsa-bangsa lain yang selama ini mungkin belum banyak terpaparkan.

Pertunjukan dan Pameran Kebudayaan (Cultural Performance and Exhibition): Pada kegiatan ini setiap negara peserta program akan diberikan kesempatan untuk dapat menampilkan seluruh kekayaan khazanah kebudayaannya. Pertunjukan dilaksanakan di salah satu hall yang ada di Kapal Nipon Maru yang dinamakan Dolphin Hall. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan favorit yang mendapatkan banyak perhatian dan sorotan. Meski peserta program bukan lah penampil profesional, namun tak berarti penampilan mereka hanyalah sekedar “apa adanya”. Latihan keras sebelum keberangkatan program di negara masing-masing akan menggembleng peserta untuk dapat memberikan penampilan terbaik bagi negaranya sekaligus kepada seluruh negara peserta program.

COUNTRY PROGRAM

Selain on board activities ada juga yang dinamakan Country Program. Country program dilaksanakan pada saat kapal berlabuh di negara-negara yang disinggahi. Kegiatan dalam Contry Program bentuknya cukup beragam, bergantung pada pengaturan (arrangement) oleh panitia lokal di negara yang disinggahi. Secara umum, sebuah Country Program akan mengambil bentuk-bentuk kegiatan antara lain sebagai berikut:

Welcome Ceremony: Merupakan upacara penyambutan resmi saat kapal berlabuh dan seluruh peserta akan disambut oleh panitia lokal untuk selanjutnya menjalankan serangkaian aktivitas dalam Country Program.
Courtesy Calls: Merupakan kunjungan kehormatan ke berbagai institusi pemerintah. Umumnya PYs ini akan berkunjung dan disambut secara resmi oleh kepala negara yang bersangkutan.
Institutional Visits: PYs akan dibagi ke dalam beberapa kelompok, di mana masing-masing kelompok akan berkunjung ke berbagai institusi pemerintah maupun swasta serta beberapa tempat menarik lainnya (misalnya: studio televisi atau institusi media, universitas setempat serta sejumlah obyek wisata).
Interaction with Local Youth: Sesuai namanya, kegiatan ini akan memberi kesempatan pada PYs akan berinteraksi dengan pemuda setempat di negara yang disinggahi dalam berbagai bentuk kegiatan, antara lain forum diskusi serta berbagai keterlibatan dalam kegiatan kepemudaan setempat lainnya.
Homestay: Homestay merupakan bagian penting dalam rangka mempelajari budaya negara yang disinggahi. PYs akan tinggal bersama keluarga lokal di negara yang disinggahi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan pada peserta program untuk dapat merasakan kehidupan sebagaimana layaknya masyarakat setempat. PYs akan diposisikan sebagai anggota keluarga di mana mereka akan ikut serta melaksanakan ritual harian sekaligus menjalankan berbagai kebiasaan setempat. Diharapkan melalui kegiatan ini PYs mampu mengembangkan kemampuan berinteraksi sosial lintas budaya yang lebih kuat sekaligus menanamkan nilai-nilai persahabatan dan perdamaian.
Farewell dan Send-Off Ceremony: Sebagai penutup kegiatan Country Program, PYs akan dilepas dalam sebuah upacara perpisahan sekaligus pelepasan untuk kembali berlanjut berlayar.

POST PROGRAM ACTIVITY/PPA
PPA merupakan bagian yang tak terlepaskan dari SSEAYP. Setelah menyelesaikan program PYs diwajibkan melakukan PPA berupa program sosial jangka pendek, menengah dan panjang. PPA ini dilaporkan secara berkelanjutan dalam pertemuan-pertemuan negara peserta SSEAYP.

Tertarik untuk menjadi bagian dari SSEAYP?
Tahun ini PCMI Babel membuka pendaftaran seleksi regional SSEAYP 1-11 Maret. Informasi bisa dilihat di http://pcmibabel.blogspot.com
follow @pcmibabel @KemenporaPPAN.

Oleh : Sannaz Dilla dan Edwinnata Bustami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar